MANFAAT JARINGAN KOMPUTER

Share:

Image result for manfaat jaringan komputer

Untuk mengetahui manfaat jaringan komputer, dapat ditinjau dari mngapa orang tertarik menggunakan dan untuk apa jaringan ini dipakai ? Suatu perusahaan pada umumnya memiliki komputer dalam jumlah yang banyak, dan lokasinya bissa terpisah jauh, bahkan mungkin sampai antar benua jauhnya. HArapan bagi pihak manajemen adalah mampu nelakukan pengawasan/pantauan kinerja perusahaannya.

Tinjauan tujuan pertama dari jaringan, yaitu adalah berbagi pakai (resource sharing). resaurce sharing bertujuan agara seluruh program, peralatan, khususnya data bisa digunakan setiap orang yang ada pada jaringan tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakaiannya. Hal ini merupakan usaha menghilangkan kendala jarak.

Tinjauan tujuan kedua dari jaringan, yaitu untuk mendapatkan keandalan tinggi (high reliability) dengan memiliki sumber-sumber alternatif yang tersedia. Sehingga jika ada mesin satu sibuk maka mesin lain dapat melayani permintaan. Adanya multiple CPU angat menguntungkan.

Tinjauan tujuan ketiga dari jaringan, yaitu menghemat uang (saving money). Kompter berukuran kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibanding komputer besar. Komputer Main Frame (MINI)  mempunyai kira-kira kecepatan sepuluh kali lipat komputer pribadi (Personal Komputer), tetapi harganya seribu kali lebih mahal. Sehingga perancangan sistem lebih memilih mengumpulkan omputer pribadi dalam sistem jaringan, dengan data utama disimpan pada satu atau lebih file server  yang dapat dipakai bersama-sama. DAlam model ini para pengguna disebut clien, dan susunan keseluruhannya disebut nodel client-server.


gambar model client-server


Umumnya model client-server  berbentuk pesan permintaan untuk melaksanakan beberapa pekerjaan dari kepada sever. Setelah server selesai melaksanakan pekerjaan, kemudian hasilnya dikirimkan kembali ke client.

Tinjauannya tujuan lainnya dari jaringan , yaitu skalabilitas (scalability), untuk meningkatkan kemampuan kinerja sistem serta bertahap sesuai dengan pekerjaan yang diberikannya, dengan hanya menambahkan sejumlah prosessor, tidak perlu mengganti unit pengelola utama (server). Model client-server memungkinkan hal tersebut dilakukan.

Tiga hal pokok daya tarik pada aringan komputer

  1. Akses ke informasi yang berbeda ditempat yang jauh
  2. Komunikasi orang ke orang
  3. Hiburan interaktif

Aplikasi World Wide Web (WWW), berisi berbagai informasi yang banyak. Aplikasi e-mail  dapat memungkinkan orang berkomunikasi tanpa hambatan dan birokrasi. Aplikasi video conference antara orang-orang yang berjauhan. Permasalahan yang terjadi adalah munculnya dampak negatif disamping dampak positif dari keberadaan jaringan komputer yang sangat meluas ini. (Sumber : Winarno Sugeng danTheta Dinnarwaty Putri. 2015. Jaringan Komputer dengan TCP/IP. Bandung: Modula.)

Semoga Bermanfaat Sahabat Smile

Tidak ada komentar